Friday 17 April 2015

MENGAPA SAYA MENULIS


Sumber gambar : http://goinswriter.com/

Penting rasanya untuk menjelaskan secara detail alasan saya menulis, karena ini bisa menjadi pengingat bagi saya ketika nanti saya mulai bosan, jenuh atau lupa akan semangat saya di awal. Saya benar-benar ingin menulis, bukan hanya sekedar ketika ada waktu luang, tapi dengan menggunakan waktu dengan baik, sehingga saya bisa menyelipkan 30-60 menit waktu produktif setiap hari untuk menulis.

Saat ini, tujuan saya untuk menulis masih tergolong egois yaitu untuk keperluan saya sendiri, tidak seperti beberapa orang diluar sana yang sudah menemukan visi menulis yang mulia yaitu untuk membangun sebuah kebudayaan melaui pengaruh tulisan, untuk mengubah dunia, atau sebagai langkah nyata untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Mungkin nanti visi menulis saya akan mengarah kesana, tapi untuk saat ini tujuan saya menulis adalah sebagai sarana bagi saya untuk mengulangi materi perkuliahan yang saya dapatkan di kampus, dan mengeksplorasi lagi pengetahuan itu dari sudut pandang industri dan praktisi, kemudian menuangkannya ke dalam sebuah tulisan yang ringan namun berkualitas. Hal ini berguna bagi saya sebagai seorang sarjana teknik elektro dari salah satu universitas di Indonesia, agar saya tetap mengingat materi perkuliahan saya.

Alasan saya lainnya adalah saya ingin mengembangkan potensi diri saya dan ingin meningkatkan kemampuan berpikir saya, karena dengan menulis kita akan banyak berpikir dan berusaha untuk menjadi kreatif. Ada pendapat yang mengatakan bahwa menulis dan membaca akan berpengaruh positif terhadap kemampuan otak manusia, dan saya percaya itu. 

Menulis itu memerlukan waktu yang panjang, lantas bagaimana dengan urusan kita yang lain?. Saya menulis karena saya tidak ingin membuang waktu saya untuk hal-hal yang sejatinya tidak berdampak positif bagi saya. Apakah anda benar-benar menggunakan waktu anda untuk kegiatan positif? atau sebagian kecil (2.54 jam per hari rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktunya menggunakan media sosial-[1]) waktu anda digunakan untuk hanya sekedar buka facebook, path, instagram, youtube, line, twitter, pinterest, apa lagi?. Saya mempercayai sebuah hipotesa bahwa semakin sering seseorang menggunakan media sosial, maka akan semakin besar kemungkinan orang tersebut menjadi anti sosial. Walaupun kita tidak menyadari hal itu terjadi pada generasi kita saat ini. Ayo guys, mari kita bangun negeri ini, dan itu tidak akan pernah terjadi kalau kita tidak berubah.

Menulis itu menjadi kebahagian sendiri buat saya. Saya orang yang tergolong introvert bisa dikatakan lebih suka untuk menghabiskan waktu sendiri, menulis dan membaca lah hal yang bisa saya gunakan untuk mencharge diri ini.

Yang terakhir, saya menulis karena saya ingin belajar bahasa Inggris, saya ingin menulis artikel-artikel dengan menggunakan bahasa Inggris, tapi pastinya artikel yang berbahasa Indonesia akan lebih banyak di blog ini. Ya buat nambah-nambah vocabulary yang bisa dibilang masih banyak bolongnya lah, dan memperbaiki grammar yang bisa dibilang asal jadi. 

Inilah alasan saya menulis, semoga dengan motivasi ini jugalah saya mampu bertahan untuk menulis hingga 1 tahun kedepan atau hingga saya mati. Semoga motivasi ini bisa semakin menjadi lebih baik, dimana saya menulis bukan untuk diri saya sendiri, tapi untuk orang lain di luar sana yang membutuhkan saya melalui tulisan saya. Mari kembangkan potensi diri kita bersama.

If i waited for perfection, then i would never write a word. ~Margaret A

Salam,
Beny Septian Pardede

Sumber :
[1] : http://wearesocial.sg/


Unknown Engineer and Blogger

Halo saya Beny Septian Pardede, semoga apa yang saya bagikan bisa berguna bagi anda dan orang disekitar anda, tetap berpikir kritis dan jangan terima begitu saja setiap tulisan yang saya buat, ambil yang berguna dan silahkan beri saran yang sopan di kotak komentar dibawah jika tulisan yang saya buat bertentangan dengan nilai yang anda pegang, Terimakasih.

No comments:

Post a Comment